Cara Negosiasi Yang Baik

Sebelum melakukan Negosiasi ada baiknya kita benar benar paham dengan situasi dan kondisi. sehingga kita bisa mencapai tujuan dari negosiasi dengan berhasil

Langkah pertama sebaiknya kita memperkenalkan diri, dilanjutkan dengan menyampaikan keinginan dan gagasan dan memberikan kesempatan kepada klien untuk merespon keinginan anda. lakukan obrolan serius tapi  santai. tawar menawar bisa dilakukan dengan cara melihat project yang akan dibuat.

Ini sedikit tip Negosiasi yang baik. persiapkan diri, penampilan yang sopan serta sesuai dengan kondisi. karena penampilan bisa menjadi poin yang bisa menunjang keberhasilan. ingat dengan slogan. pandangan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda.

Pelajari Gagasan yang unik yang hendak kita sampaikan. lihat sudut pandang yang lain dari gagasan kita sehingga lebih unggul.

Jika respon pertama Klien sudah tidak tertarik, jangan menyerah. anda bisa mencoba sekali lagi. siapa tahu mereka belum menangkap gagasan anda yang cemerlang.

atur agar suasana negosiasi anda nyaman. dengan sikap yang ramah dan murah senyum, pasti Klien lebih nyaman berada didekat anda.

pelajari tentang Klien anda. sehingga anda bisa lebih dekat dan memudahkan dalam menyatukan gagasan anda dengan mereka.

siapkan dua pilihan untuk hasil yang akan di capai dalam negosiasi. hasil dengan tawaran minimal dan tawaran maksimal. gunakan sampling data untuk lebih menguatkan gagasan anda. jangan terlalu berlebihan dan tidak sesuai data agar klien tidak kecewa.

jangan lakukan negosiasi kalau materi atau gagasan anda belum dikuasi anda secara maksimal. penampilan anda tidak sempurna. atau anda selaly mau menang sendiri.

Jika anda sudah siap
lets go negosiasi
show must go on
teruslah berlatih...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bapak Menteri Tenaga Kerja

Kupu kupu Malam / Song By : Peterpan ( Noah)

Kisah Cinta si Kaya dan si Miskin